Urgensi Pengelolaan Pusat Karir Perguruan Tinggi Untuk Mewujudkan Lulusan yang Berdaya Saing




Rabu, 16 Agustus 2017 Mahasiswa baru Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya mendapatkan materi dari Tim Pusat Pengembahan Karir dan Hubungan Alumni (P2KHA). Kegiatan tersebut termasuk dalam serangkaian kurikulum PKKMB FE Unesa 2017. Materi disampaikan oleh Dr. Tri Sudarwanto, S.Pd., MSM ketua Tim Pusat Karir.

Menurut Tri, UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi menegaskan Untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam menghadapi globalisasi di segala bidang, diperlukan pendidikan tinggi yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta menghasilkan intelektual, ilmuwan, dan/atau profesional yang berbudaya dan kreatif, toleran, demokratis, berkarakter tangguh, serta berani membela kebenaran untuk kepentingan bangsa.

Faktanya, Penyerapan lulusan sarjana di Indonesia tergolong lambat. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, jumlah pengangguran sarjana pada Februari 2013 telah mencapai 360.000 orang, atau 5,04% dari total pengangguran yang mencapai 7,17 juta orang. Hal ini terjadi karena diskoneksi antara perguruan tinggi dengan pasar tenaga kerja.

Oleh sebab itu diperlukan sebuah pusat karir perguruan tinggi untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan materi ini diberikan kepada mahasiswa baru supaya mahasiswa baru dapat merencanakan karir mulai semester satu, sehingga pada saat lulus kuliah dapat menempuh karir sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Ini untuk menghindari stres kerja.

Adapun program P2KHA adalah sebagai berikut:
  • Melakukan Tracer Studi dan Menjalin hubungan dengan Alumni
  • Menyelenggarakan open recruitmen kerjasama dengan perusahaan mitra melalui Career & Scholarship Expo
  • Menyelenggarakan Seminar/Workshop karir
  • Melakukan inisiasi kerjasama dengan stake holder
  • Menginformasikan lowongan pekerjaan melalui media sosial dan papan  pengumuman



Materi selengkapnya silahkan unduh disini

Komentar